Kamis, 31 Mei 2012

Betapa canggihnya penciptaan-Nya

Human Brain..!!
menurut Tony Buzan (bukan saya loh) bahwa
  • Otak manusia mengandung 1 triliun neuron atau sel otak
  • Jumlah :"peta pikiran" yang mampu dihasilkan otak adalah sepanjang 10,5 juta Km.
  • Riset semakin menunjukkan bahwa kreativitas & ingatan adalah tanpa batas.
  • Ahli jiwa meneliti bahwa potensi otak manusia adalah :
    pada tahun
                1950 : 50%
                1970 : 10%
                1980 : 1%
                1990 : 0,01%
Angka diatas bukan sebuah gambaran penurunan potensi otak manusia, melainkan, semakin akuratnya perhitungan potensi otak manusia yang digunakan. jadi bisa dibayangkan bahwa selama ini. Kita baru menggunakan 0,01% potensi otak yang kita miliki...!!!

Jika ditanya, mesin apa yang tercanggih yang ada di muka bumi ini, maka saya akan menunjuk ke si penanya. "Manusia". Bahkan the matrix, ataupun Terminator, atau bahkan yang terbaru, i-robot, tidak bakalan bisa seperti manusia. sebaik-sebaik makhluk yang diciptakan Allah SWT. maka marilah bersama-sama kita mensyukurinya.
  1. Setiap mata manusia mengandung 130 juta penerima cahaya.
  2. Setiap telinga manusia mengandung 24.000 serabut yang mampu mendeteksi getaran molekuler udara.
  3. Setiap penciuman manusia dapat mengenali bau kimiawi suatu benda dalam satu per triliun bagian udara.
  4. untuk bergerak, kita memiliki 200 tulang dengan arsitektur yang rumit, 500 otot yang terkoordinasi, dan 10 kilometer serabut saraf.
  5. Jantung manusia berdenyut rata-rata 36.000.000 kali setiap tahun, memompa 2,7 juta liter setiap tahun melalui 90.000 kilometer saluran.
  6. Paru-paru manusia terdiri dari 600.000.000 globulus yang memiliki kepekaan terhadap atmosfer.
  7. Darah yang mengalir di seluruh tubuh manusia mengandung 22 triliun sel darah.
  8. Dua juta sel darah mati dalam setiap detik. ini segera digantikan oleh dua juta sel darah baru.
  9. Setiap tubuh manusia mempunyai empat juta struktur yang peka terhadap nyeri.
  10. Di seluruh tubuh manusia terdapat 500.000 sensor peraba.
  11. Di seluruh tubuh manusia terdapat 200.000 sensor temperatur.
  12. Di dalam setiap tubuh manusia terdapat energi atom yang cukup besar untuk membangun kota terbesar di dunia beberapa kali.
  13. Mulut kita adalah laboratorium kimia yang tercanggih yang pernah dikenal di planet ini dan dapat membedakan milyaran rasa yang berbeda.
  14. Saraf Otak 1400 kali lebih njlimet dan rumit dibandingkan dengan jaringan telepon di dunia.
  15. Sel-sel saraf mampu merekam 88 juta bit informasi, setara dengan 12,5 triliun huruf. Sekitar 33 miliar helai ukuran folio dengan spasi ganda.
  16. Partikel yang terlontar saat kita bersin sekitar 65-70 Km/jam.
  17. Ketika berusia 50 tahun, jantung kita sudah melakukan kerja pompa setara dengan kerja mengangkat puluhan ribu ton barang dengan tinggi ratusan kilometer.
  18. Sel darah merah yang berusia 4 bulan telah melakukan perjalanan sejauh sekitar 160 Km.
  19. Tiap inci kubik tubuh terdapat 32 juta bakteri.
  20. Tiap cm2 kulit mengandung 100 kelenjar keringat, 13 kelenjar minyak, 17.000 ujung saraf, 11 kantung rambut, 1 meter pembuluh.
  21. Tiap jam tubuh melepaskan 600.000 partikel kulit, setara dengan 2gram per hari.
  22. Tiap hari rambut kita hilang antara 45 dan 60 helai. Tidak terasa memang sebab rambut kita jumlahnya sekitar 125 ribu helai.

  INI SANGAT MENARIK
Menurut sebuah penelitian
tidak menjadi masalah urutan 
huruf - huruf dalam sebuah kata,
yang paling penting adalah letak
huruf pertama dan terakhir benar.
sisanya dapat berantakan sama sekali
dan kamu masih bisa membacanya
tanpa masalah. Hal ini karena otak
manusia tidak membaca setiap huruf
masing-masing, tetapi kata keseluruhan
menakjubkan bukan ?

"Otak manusia terdiri dari dua belahan. Otak kiri dan otak kanan yang fungsinya berbeda."
(Roger  Sperry)
Otak Kiri berhubungan dengan :
- Logika
- Tulisan
- Angka
- Hitungan
- Urutan
- Analisa
Otak Kanan berhubungan dengan :
- Imajinasi
- Musik
- Warna
- Emosi
- Bentuk
- Kreativitas

Pikiran manusia bukanlah seperti wadah yang terus menerus diberi masukan air dengan kapasitas yang statis.
Tetapi orang bijak akan melihat pikirannya seperti sebuah tungku yang sewaktu-waktu siap untuk dibakar, dijaga nyalanya, dan ia akan melindunginya dari terpaan angin.
Bila sewaktu-waktu api itu padam, maka ia siap dengan pengembaraan di musim dingin yang kelam untuk mencari pemantik di relung kebijaksanaan lembah-lembah, sungai, laut, muara, dan gunung-gunung.
Maka bakarlah ia, ia akan mendidihkan ketel uap pemikiran imajinasi dan cita-cita sehingga mesin peradaban akan berputar....

note from sender (TTS) :

Meskipun kita lihat begitu menakjubkannya otak dan pikiran manusia, namun pada dasarnya hal itu tidak apa-apa dibandingkan ilmu dari Sang Pencipta manusia itu sendiri.  “Dzat sing penggawening urip”, Sehingga digambarkan ketika kita kita mencelupkan jari-jarik kita ke samudra, maka ilmu yang dimiliki manusia itu hanyalah yang melekat di jari-jari ketika diangkat. Sedangkan samudra itulah ilmu dari dzat penciptanya. Sungguh tidak ada apa-apanya.
maka dari itu hendaknya kita bisa menjaga diri dari sifat sombong dan takabbur. Salah seorang ustadz di daerah saya, berpesan, "Jangan sampai kita sombong, karena pada dasarnya itu sudah melanggar batas wilayah Allah. Sudahlah, orang sehebat apapun jika dia sombong dan arogan, maka tunggulah kehancurannya..!! "
Hendaknya itu pula, janganlah karena sifat sombong tersebut seperti beberapa golongan yang sampai-sampai mendahulukan "aqli" daripada "naqli", yang lebih mengutamakan akal daripada ayat-ayat Al Quran, dengan dalih-dalih multi tafsir mereka memelintir ayat-ayat Al Quran dan Hadits sehingga melenceng dari apa yang sebenarnya. Bahkan ada sebagian dari mereka yang menolak sebagian ayat (seperti ayat yang melarang muslimah untuk menikah dengan Pria NonMuslim). naudzubillah, Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang demikian.Semoga kita semua bisa dijauhkan dari sifat sombong dan takabbur.Amiin.

No matter how high a man strives to achieve, he will never be greater than Allah. remember that the law of Science is the law Of Allah
(film Syukur21, raihan)

Untuk daripada itu, marilah kita cari ilmu dengan benar, sebanyak-banyaknya, amalkanlah juga ilmu itu dengan ikhlas, niscaya ia tiada berkurang bahkan malah bertambah. Pada akhirnya, kata-kata dari kitab Ta'lim Muta'alim berikut patut buat kita renungkan

Sungguh merupakan kehancuran yang besar, seseorang yang alim yang tidak peduli. Dan lebih parah dari itu, seorang yang bodoh yang beribadah tanpa aturan.keduanya merupakan fitnah yang besar di alam semesta bagi orang-orangyang menjadikan keduanya sebagai pedoman.


Sumber : Flashdisk Teman . . .

0 komentar: