Jumat, 03 Agustus 2012

Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk Dan Ukuran Fisiknya

Lanjut dari yang sebelumnya  , kini Mimin bahas yang berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisiknya .

Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk Dan Ukuran Fisiknya :

Palmtop merupakan jenis komputer yang dapat digenggam karena ukurannya yang relatif kecil . komputer ini sering disebut Handheld computer . komputer  ini menggunakan baterai sebagai sumber dayanya . karena ukurannya yang relatif sangat kecil menjadikan layar dan keyboardnya pun men jadi kecil sehingga sedikit menyulitkan pemakainya.
Contoh dari komputer jenis ini adalah  NEC MobilePro 900c


Subnotebook adalah komputer yang ukurannya ada diantara Palmtop dan Notebook . Ukuran Subnotebook sedikit lebih kecil dari Notebook karena ada beberapa perangkat yang tidak dipasang yang biasanya Disk Drive . Mungkin dengan penjelasan seperti diatas, kita lebih mengidentikkan dengan Netbook , Ultrabooks.
Contoh dari Subnotebook yaitu Sony VAIO model C1 subnotebook


Notebook merupakan komputer yang ukurannya kira-kira hanya sebesar buku kuarto dengan berat sekitar 4 sampai 6 Kg . Notebook lebih familiar dengan sebutan Laptop atau komputer lipat karena memang didesain untuk dilipat . walaupun komputer ini merupakan versi simple dari komputer desktop dan PC , namun dalam sisi kinerjanya tidak kalah gesit , karena rata-rata notebook sekarang memiliki prosesor Dual Core bahkan lebih . namun dengan desain seperti ini pun membuat notebook ini tidak tahan banting.
Contoh dari notebook yaitu Acer Aspire 4750-2312G50Mn


Portable yaitu jenis komputer yang dapat dibawa kemana-mana bahkan sering disebut komputer lapangan karena dulu sering digunakan untuk pemakaian dilapangan , misalnya oleh insinyur atau peneliti . komputer ini kurang terkenal karena sebagian orang mengatakan merepotkan , berat dan relatif besar .  juga karena komputer ini komputer desktop yang bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja , alhasil beratnya pun hampir sama dengan CPU sebuah personal komputer . Untuk jaman sekarang ,peran komputer portable telah tergantikan dengan Notebook atau Laptop karena lebih sesuai dengan kata portable.
Contoh dari Komputer jennis Portable yaitu Commodore SX-64


Desktop , merupakan komputer yang paling banyak dipakai dalam versi komputer meja karena komputer ini harganya cukup murah , mudah dalam penggunaannya , juga dapat dikembangkan melalui perangkat periferal dan penggantian hardware dan software dengan yang lebih mengikuti perkembangan jaman . 
Contoh dari komputer jenis Desktop yaitu Macintosh II


Tower merupakan jenis komputer yang dalam ukurannya relatif merepotkan karena ukurannya relatif besar . komputer ini biasanya diletakkan disaming atau dibawah meja karena ukurannya yang bongsor . Namun kebongsorannya bukan tanpa alasan karena komputer jenis ini memiliki Expansion Slot (tempat untuk memasang card/perangkat tambahan), sehingga bisa dikembangkan bahkan melebihi jenis Desktop.
Contoh Dari komputer Jenis Tower yaitu Mac Pro tower case

Quote : "Don't judge from the cover"

0 komentar: