Jumat, 03 Agustus 2012

Jenis Komputer Berdasarkan Prosesornya

Mimin mau berbagi ilmu nich  ,bukannya mau sok tau , tapi emang Mimin mah Sok tau . Jaman sekarang udah ga asing dengan komputer , dan komputer pun bisa di dibedakan berdasarkan Jenis Prosesornya dan kemampuan kerjanya . 
 
Jenis Komputer Berdasarkan prosesornya :

Mainframe Computer , yaitu komputer yang prosesornya mempunyai kemampuan yang sangat besar karena ditunjukkan untuk banyak pengguna (multi user). Mainframe menyediakan sedikit waktu dan sebagian memorinya untuk setiap pemakai (user), kemudian berpindah lagi kepada pemakai lain , lalu kembali lagi kepada pemakai pertama . perpindahan ini tidak dirasakan oleh pemakai seolah-olah tidak terjadi apa-apa . mainframe disediakan untuk multi user dan multitasking (setiap pengguna dapat menggunakan program yang berbeda pada saatyang sama . Mainframe Computer mempunyai CPU yang berada pada satu mesin tersendiri , memiliki perangkat penyimpanan , komunikasi di satu mesin sendiridan dihubungkan dengan banyak terminal yang hanya terdiri dari keyboard dan monitor. Komputer jenis ini biasanya digunakan pada perusahaan yang ber skala besar , seperti kantor pusat penerbangan nasional . Komputer ini sangat mahal dan memakan daya yang lumayan besar . pada tahun 1960an ,komputer ini tidak memiliki fitur interaktif . dan baru memiliki fitur interaktif pada tahun 1970 untuk mempermudah pengguna.
Contoh dari mainframe computer yaitu IBM System/390


Minicomputer merupakan bentuk mini dari mainframe computer . kalau mainframe  computer dapat memiliki sangat banyak terminal , minicomputer memiliki jumlah yang cukup terbatas pada puluhan atau ratusan . dengan keterbatasan ini ,maka penggunanya pun mungkin hanya dalam lingkungan perusahaan yang tidak terlalu besar namun membutuhkan perangkat ini . ataupun untuk sebuah universitas dengan satu atau dua fakultas.
Contoh dari Minicomputer yaitu IBM System/370



Personal Computer (PC) yakni jenis komputer pribadi yang ditujukan untuk satu pemakai  dengan satu program aplikasi pada suatu saat . untuk penggunaan yang cukup terbatas dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya ,perangkatnya pun dapat diringkas kedalam satu mesin saja .  komputer jenis ini memiliki Monitor , keyboard dan CPU yang dapat dikembangkan oleh pengguna melalui perangkat periferalnya (perangkat tambahan).  Komputer jenis inilah yang paling banyak digunakan karna mudah digunakan di semua lapisan masyarakat.
Contoh dari Personal komputer yaitu IBM 5150 Personal Computer


Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan . Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer. Superkomputer biasanya lebih unggul dalam kecepatan daripada komputer di rumah-rumah biasa dengan menggunakan desain inovatif berbentuk lemari yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya dikhususkan untuk penghitungan tertentu, biasanya penghitungan angka, dan tidak bagus hasilnya dalam tugas umum. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.
Contoh dari Superkomputer yaitu Cray-2

0 komentar: